Selasa, 03 Januari 2012

Solusi Scan Cannon Lide 110 yang hasil scannya jadi Hitam!!!!

Mungkin kawan kawan pernah mengalami masalah seperti yang saya alami. Hasil scan jadi hitam semua. Saya mencoba 1 trik yang mungkin banyak yang sudah tahu.
Pertama: Coba anda scan salah satu dokumen dan di save ke jpeg atau pdf..
Kedua: Kalau masih tetap hasil yang muncul berwarna hitam berarti Scaner anda musti di reset.
Ketiga: Anda lihat di bawah scan cannon lide 110 anda, ada lambang gembok. Sekarang geser tombolnya ke arah gembok yang terkunci. Lakukan scan sekali lagi dengan menaikkan DPI dari hasil Scan. Keterangan: Hasilnya masih tetap akan jadi hitam atau kadang berubah jadi putih (kalo DPI nya diset ke angka paling besar).
Keempat: Sekarang kembalikan tombolnya ke arah gembok yang terbuka. Lakukan scan sekali lagi.. Lihat hasilnya. Kalo sudah berwarna atau hitam putih berarti scan anda sudah berhasil di reset.
Tapi kalo masih juga hasilnya Hitam, lakukan langkah ketiga sebanyak 3 sampe 5 kali setelah itu kembalikan kuncinya (gembok) ke posisi terbuka. Lakukan scan sekali lagi (saran saya: naikan DPI nya).
Kalo berhasil berarti Scanner anda tidak terlalu bermasalah. Scanner anda hanya perlu di Reset.
Tapi kalo masih Hitam berarti kemungkinan ada kerusakkan pada optiknya..
Usahakan menggunakan scan jangan sampai terburu buru... Tunggu scannya selesai bekerja, baru kita buka tutupnya. Kebiasaa yang mengakibatkan masalah diatas ialah saat kita melakukan scan terhadap 2 atau lebih dokumen, kita tidak menunggu scannernya selesai bekerja (biasanya saat dokumen selesai di scan, scanner akan mengembalikan posisi optiknya ke bagian bawah) kita langsung membuka scanner untuk melanjutkan scan dokemen berikutnya..
Cara untuk kita mengetahui scannya telah selesai bekerja yakni dengan mendengar bunyi nya(seperti bunyi printer tapi lebih halus). Jika masih berbunyi berarti proses scan belum selesai.. tunggulah sampe tidak berbunyi lagi baru dibuka scannernya dan lanjutkan scan dokumen berikutnya.
BIAR LAMBAT ASAL SELAMAT
Semoga Bermanfaat...